Manfaat Salad Buah dan Sayur

Salad buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral, serta bisa dibuat rendah lemak dan kaya serat. Daun hijau serta buah dan sayuran berwarna kuning tua adalah sumber vitamin C. Sayuran dan buah lain mengandung vitamin C. Sayuran dan buah lain mengandung vitamin C, asam folat, besi, magnesium. Lakukan tips berikut untuk membuat salad yang benar-benar sehat.

1. Hati-hati dengan dressing

Salad tidak lagi rendah lemak bila dikonsumsi dengan dressing terlalu banyak. Dressing dapat menambah 100 kalori per sendok makan. Sementara salad tanpa dressing hanya mengandung 25 kalori per setengah cangkir sajian. Ambil dressing secukupnya karena jika terlalu banyak juga dapat mengubah cita rasaa sayuran.

2. Basuh sayuran hijau sebelum disimpan

Bersihkan sayuran dengan air krean yang mengalir. Keringkan dan simpan dalam kantong plastik di dalam lemari es supaya salad segar ketika dimakan.

3. Jangan potong dengan pisau

Untuk sayuran berdaun hijaum potong sayuran degan tangan. Jangan gunakan pisau karena akan menyebabkan sayuran berwarna kecoklatan.

4. Jangan dimasak terlalu lama

Ada beberapa jenis sayuran yang dimasak terlebih dahulu, misalnya jagung manis dan kembang kol.

5. Rendam apel dalam jus (air) lemon

Apel, pisang, dan pir selalu berubah menjadi kecoklataan tak lama setelah dipotong. Rendam potongan buah-buahan itu dalam jus (air) lemon supaya terlihat tetap cantik dalam waktu lama.

Sumber : http://analegiani.blogspot.com/2011/09/manfaat-salad-buah-dan-sayur.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s