Sekilas Tentang Salad

Salad adalah suatu istilah yang luas dipergunakan bagi persiapan jenis-jenis makanan yang merupakan campuran dari potongan-potongan bahan-bahan makanan siap santap. Suatu salad dapat disajikan dingin-dingin (setelah didinginkan terlebih dahulu dalam lemari pendingin) atau disajikan dalam temperatur ruang, dan dapat juga menjadi isi dari roti sandwich. Walaupun dapat dibuat atau terdiri dari bahan daging matang atau telur (rebus atau goreng), umumnya jenis makanan ini terdiri dari setidaknya satu jenis sayuran mentah (lalapan) atau buah-buahan, umumnya digunakan selada. Seringkali salad disajikan dengan saus (dressing) tertentu.

Asal kata Salad

Kata “salad” berasal dari Perancis salade arti yang sama, dari Latin salata (asin), dari sal (salt-garam). Dalam bahasa Inggris, kata yang pertama muncul sebagai “salad” atau “sallet” ada pada abad ke-14.

Garam dikaitkan dengan salad sayuran karena salad dibumbui dengan dressing air garam atau asin minyak dan cuka selama masa Romawi. Penggunaan salad bar pertama kali muncul di Inggris Amerika pada tahun 1976.

Sejarah Salad

Sejarawan mengatakan bangsa Roma memakan sayuran campuran dengan “saus”.Babilonia diketahui memakan sayuran hijau dengan minyak dan cuka dua ribu tahun yang lalu. Pada tahun 1699 dalam bukunya, Acetaria:. A Discourse on Sallets, John Evelyn berusaha dengan sedikit keberhasilan untuk mendorong rekan-rekan Britons makan salad sayuran segar.

Amerika Serikat mempopulerkan  salad di akhir abad 19 dan wilayah lain di dunia sepanjang paruh kedua abad ke-20. Dari Eropa dan Amerika ke Cina, Jepang, dan Australia, salad dijual secara komersial di supermarket bagi mereka yang tidak punya waktu untuk membuat salad buatan, di restoran (restoran seringkali akan memiliki “Salad Bar” ditata dengan salad pembuatan bahan yang akan digunakan pelanggan untuk menempatkan bersama salad mereka) dan di rantai makanan cepat saji yang mengkhususkan diri dalam makanan kesehatan. Di pasar AS, rantai makanan cepat saji seperti McDonald’s dan KFC, yang biasanya dijual “junk food” seperti hamburger, kentang goreng, dan ayam goreng, sekarang menjual salad dikemas untuk menarik perhatian konsumen sadar-kesehatan.

Sumber : http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/11/sejarah-salad.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s